dinaspu.banyuwangikab.go.id

Kamis, 25 April 2024

Kerja Bakti Bersihkan E-Park dan Simulasi Pencegahan Kebakaran

Jumat pagi, 19 Juni 2020 Dinas Pekerjaan Umum, Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman melaksanakan kegiatan kerja bakti di E-Park GOR Tawangalun dan Rusunawa Sukowidi, Banyuwangi. Kerja bakti di E-Park meliputi pembersihan sisa material-material bongkaran bangunan di area utara dibantu dengan alat berat milik Tim UPTD Laboratorium dan Perbengkelan Dinas PUCKPP Banyuwangi. Pembersihan ini dilakukan mengingat rencana pembangunan taman untuk penambahan titik hijau di lokasi E-Park yang akan dilakukan. Kerja bakti di Rusunawa dilakukan oleh Tim Perumahan dan Permukiman dilanjutkan dengan simulasi pencegahan kebakaran akibat kebocoran tabung gas dipandu oleh Tim Pemadam Kebakaran Kabupaten Banyuwangi.

read more »

E-Park, Taman Pembibitan untuk RTH-RTH Perkotaan Banyuwangi

Pembibitan tanaman hias dilakukan oleh Tim E-Park pada pagi hari ini. E-Park merupakan sebuah Ruang Terbuka Hijau milik Dinas Pekerjaan Umum, Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi yang sekaligus dimanfaatkan untuk lokasi Pembibitan Tanaman2 Hias untuk keperluan distribusi ke RTH-RTH lain dan median2 jalan maupun taman pojok. Pembibitan dilakukan secara berkala dengan memanfaatkan tanaman2 hias yang sudah ditanam sebelumnya, seperti Bayam Hias, Seruni, Likuanyu, Rowelia, Bromelia, Lily Paris, Lamtana, Milten, Sambang Darah, dan lain-lain. Sebagian besar pembibitan dilakukan dengan cara stek batang dan dilakukan pada saat cuaca tidak terlalu panas sehingga bibit tidak mudah layu/kering ketika ditanam. Perawatan meliputi read more »

Survei dan Monitoring Pohon Ayoman, Selektif dalam Penebangan dan Perempesan pohon

Petugas Dinas Pekerjaan Umum, Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi melakukan survei dan monitoring terkait dengan pengendalian pemanfaatan ruang dan pertamanan yang berada di Banyuwangi, salah satunya tinjau lapang kondisi-kondisi pohon ayoman yang berada di sempadan jalan di ruas-ruas jalan kabupaten. Hal ini bertujuan agar proses pelaksanaan penebangan maupun perempesan pohon dilakukan lebih selektif mengingat keberadaan pohon ayoman di sempadan jalan merupakan vegetasi dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang memiliki fungsi ekologi untuk menjaga kualitas lingkungan hidup di kawasan perkotaan, serta sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Banyuwangi Nomor 4 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun read more »

Quick Respon Penanganan Longsor di Kaki Gunung Ijen

Kemarin (18/05) terjadi longsor di kaki Gunung Ijen tepatnya di Desa Kluncing, Kecamatan Licin Banyuwangi akibat intensitas hujan yang tinggi sejak pagi hingga sore hari. Kejadian ini menyebabkan akses jalan yang menghubungkan Desa Pakel dengan Desa Kluncing terputus selama beberapa jam. Gugus Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Banyuwangi bersama Tim Laboratorium dan Perbengkelan Dinas Pekerjaan Umum, Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman Banyuwangi. Pembersihan material berupa lumpur dan sisa-sisa longsoran yang menutupi jalan dilakukan menggunakan alat berat agar akses jalan bisa dapat segera digunakan. Sekitar kurang lebih dua jam pembersihan material akses jalan kembali dibuka.

read more »

Perempesan Pohon Peneduh Demi Keselamatan Pengguna Jalan dan Estetika

Untuk merawat dan mempertahankan keindahan vegetasi dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) Jalur Hijau di sempadan jalan wilayah perkotaan Banyuwangi, yang memiliki fungsi ekologi untuk menjaga kualitas lingkungan hidup di kawasan perkotaan, Dinas PU Cipta Karya , Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi rutin melakukan pengecekan dan perempesan pohon yang terlalu lebat untuk melindungi pengguna jalan namun tetap mempertahankan keindahan vegetasi. Kali ini Tim RTH Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi melakukan kegiatan perempesan pohon palem di ruas Jalan Ahmad Yani Banyuwangi. Kegiatan dilakukan untuk mempertahankan keindahan dan kerapihan kondisi vegetasi pohon peneduh yang berada di ruas jalan read more »