dinaspu.banyuwangikab.go.id

Jumat, 19 April 2024

Perawatan Taman Blambangan Banyuwangi

Pagi ini Tim RTH Dinas Pekerjaan Umum, Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi melakukan kegiatan penyiraman dan pemotongan rumput di Taman Blambangann Banyuwangi. Khusus kegiatan pemotongan rumput ini rutin dilakukan 2-4 minggu sekali untuk menjaga kerapian dan kebersihan taman. Salah satu bentuk perawatan utama tanaman adalah penyiraman air dan ini perlu dilakukan secara teratur dalam jumlah yang proporsional. Penyiraman secara sprinkle pada pagi atau sore dilakukan agar penyiraman dapat dilakukan secara merata. Pada saat cuaca panas dan terik penyiraman dapat dilakukan hingga dua kali untuk mencegah rumput layu dan mengering.Pagi ini Tim RTH Dinas Pekerjaan Umum, Cipta Karya, Perumahan read more »

Pembersihan Trotoar, Cegah Lantai Licin dan Kotor

Pagi ini Tim Laboratorium dan Perbengkelan Dinas Pekerjaan Umum, Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi melakukan kegiatan pembersihan jalur trotoar Jalan Adi Sucipto, lebih tepatnya di sisi barat depan PJR sampai dengan lampu merah depan Kecamatan Banyuwangi, dan sekitar RTH Taman Tirta Wangi. Penyemprotan ini dilakukan pada sekitar pukul 05.00 WIB pagi menggunakan waterjet. Penyemprotan tidak hanya dilakukan di trotoar namun juga di bagian sisi jalan yang tertutup sisa-sisa material pasir agar tidak licin dan membahayakan pengguna jalan. Penggunaan High Pressure Cleaner atau waterjet ini membuat pembersihan trotoar menjadi lebih bersih dan lebih cepat karena dapat mengelupas kotoran maupun read more »

Penanaman Pulai di Taman Blambangan, Bantu Serap Karbon Polutan

Rabu pagi, 8 April 2020 salah satu Tim Ruang Terbuka Hijau Dinas Pekerjaan Umum, Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi yaitu Tim Taman Blambangan melakukan kegiatan penanaman Pulai di beberapa titik di sudut lapangan. Pada hari sebelum penanaman beberapa titik tanam sudah dilubangi dengan kedalaman sekitar 50 cm dan disiram air kemudian dicangkul hingga gembur untuk persiapan tanam. Sebanyak 16 bibit pohon Pulai yang didatangkan dari kebun bibit E-Park GOR langsung ditanam di beberapa titik di Taman Blambangan.


Perawatan pasca tanam secara intensif juga dilakukan paling tidak selama satu bulan untuk menunjang kehidupan tanaman dalam beradaptasi di lingkungan barunya, seperti read more »

Pemeliharaan dan Perawatan Taman sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Titik Hijau Perkotaan Banyuwangi

Pemeliharaan dan perawatan tanaman baik di median jalan, Ruang Terbuka Hijau (RTH), maupun taman pojok perkotaan rutin dilakukan oleh Tim RTH Dinas Pekerjaan Umum, Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi. Pemantauan untuk penanaman maupun tambal sulam di beberapa titik juga rutin dilakukan untuk menambah titik hijau perkotaan Banyuwangi. Penyiraman yang dilakukan oleh Tim RTH di median jalan dan taman pojok perkotaan rutin dilakukan pada pagi dan sore hari.


Kali ini, tambal sulam dilakukan di beberapa titik kosong di RTH Sritanjung, median Jalan Yos Sudarso, dan Taman Blambangan untuk menambah titik hijau. Tanaman yang dipilih disesuaikan dengan kondisi lapang dan lingkungan read more »

Tambal Sulam Area Banyuwangi oleh Tim Pemeliharaan Jalan Dinas PUCKPP

Tim pemeliharaan jalan Dinas Pekerjaan Umum, Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi kembali melakukan tambal sulam di beberapa ruas jalan di wilayah Banyuwangi. Pemantauan dan pemeliharaan rutin dilakukan untuk menunjang kelancaran akses mobilitas masyarakat. Perbaikan jalan secara tambal sulam tersebut dilakukan guna mengatasi bahaya jalan berlubang.


Beberapa titik yang dilakukan penambalan antara lain area Jalan Lingkar Sritanjung, Pasar Banyuwangi, Jalan Sayuwiwit Temenggungan, Jalan R.A. Kartini Kepatihan, Jalan M.H. Thamrin Kecamatan Giri, Jalan K.H. Ahmad Kholil Kecamatan Gambiran, dan Jalan Sragi Kecamatan Sempu. Beberapa titik jalan yang berlubang terlihat luas dan dalam sehingga dibutuhkan penanganan intensif. Kegiatan tambal sulam jalan ini diharapkan read more »