dinaspu.banyuwangikab.go.id

Rabu, 8 Mei 2024

IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT OLEH DINAS PUCKPP KAB. BANYUWANGI MELALUI APLIKASI SIADAMWANGI (Sistem Informasi Administrasi Banyuwangi)

Kepemerintahan yang baik (good governance), telah menjadi wacana yang paling mengemuka dalam pengelolaan administrasi pemerintahan sekarang ini. Hal tersebut sejalan dengan tuntutan akan modernisasi administrasi pemerintahan guna mempercepat dan mempermudah penyelesaian dokumen dan surat dinas instansi pemerintah. Teknologi informasi dan komunikasi sebagai pendukung tugas pokok dan fungsi belum dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas termasuk menjunjang administrasi perkantoran.

Untuk dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik, maka setiap instansi pemerintah pusat dan daerah sudah seharusnya didukung oleh sistem administrasi yang memadai karena kesempurnaan dan kelengkapan sistem administrasi merupakan salah satu kebutuhan yang penting disetiap organisasi atau instansi pemerintah, dengan mengubah sistem manual ke sistem komputerisasi dalam era teknologi informasi penyelesaian dokumen dan surat-surat dinas pemerintah sudah merupakan keharusan dalam upaya untuk melakukan reformasi birokrasi dan untuk mewujudkan kepemerintahan yang baik (good governance). Salah satu diantaranya adalah dengan melaksanakan implementasi aplikasi tata naskah dinas elektronik di lingkungan instansi pemerintah.

Tata naskah dinas elektronik salah satunya yaitu Pengarsipan masuk dan keluar secara manual yang mengakibatkan proses pengarsipan tidak efektif dan membutuhkan waktu lama. Surat yang masuk tidak tertata dengan baik dan akan menimbulkan kesulitan jika ingin mencari surat yang diinginkan. Selain itu, data yang diarsipkan secara manual berpotensi mudah hilang, banyak terjadi kesalahan, dan akses surat tidak bisa dilihat dimana saja dan kapan saja.

Oleh karena itu Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi pada Tahun 2020 mewujudkan aplikasi SIADAMWANGI yang mempunyai kepanjangan Sistem Informasi Administrasi Banyuwangi yang merupakan implementasi aplikasi tata naskah elektronik yang berupa pengarsipan surat yang difungsikan sebagai aplikasi arsip surat sangat dibutuhkan oleh Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Peruumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi dalam penanganan surat masuk dan keluar yang ada pada arsip surat, serta mengubah pengelolaan arsip dari cara manual ke cara yang lebih modern dan praktis dengan menggunakan Siadamwangi. Selain itu, aplikasi arsip surat berupa aplikasi (software) memudahkan dalam penyimpanan data dan pendistribusian surat dapat dilakukan dengan cepat dan akurat. Dengan adanya SIADAMWANGI di suatu dinas dapat melaksanakan kegiatan administrasinya dengan lebih mudah, cepat, transparan, tertib, terpadu, produktif, akurat, aman, dan efisien.