dinaspu.banyuwangikab.go.id

Kamis, 2 Mei 2024

Penanaman Pulai di Taman Blambangan, Bantu Serap Karbon Polutan

Rabu pagi, 8 April 2020 salah satu Tim Ruang Terbuka Hijau Dinas Pekerjaan Umum, Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi yaitu Tim Taman Blambangan melakukan kegiatan penanaman Pulai di beberapa titik di sudut lapangan. Pada hari sebelum penanaman beberapa titik tanam sudah dilubangi dengan kedalaman sekitar 50 cm dan disiram air kemudian dicangkul hingga gembur untuk persiapan tanam. Sebanyak 16 bibit pohon Pulai yang didatangkan dari kebun bibit E-Park GOR langsung ditanam di beberapa titik di Taman Blambangan.

Perawatan pasca tanam secara intensif juga dilakukan paling tidak selama satu bulan untuk menunjang kehidupan tanaman dalam beradaptasi di lingkungan barunya, seperti penyiraman secara berkala pagi dan sore, pemupukan, hingga penyiangan gulma.
Kegiatan penanaman ini dilakukan untuk menambah titik hijau perkotaan serta estetika khususnya di Taman Blambangan, mengingat lokasi tersebut merupakan salah satu episentrum ruang publik yang ada di Banyuwangi. Ditambah lokasi nya berada di tengah perkotaan yang memiliki tingkat mobilitas cukup tinggi, diharapkan penanaman pohon Pulai mampu menambah keberadaan vegetasi di tengah kota yang berfungsi sebagai penyerap karbon dan polutan sehingga kualitas udara tetap terjaga.