dinaspu.banyuwangikab.go.id

Kamis, 9 Mei 2024

Luncurkan Aplikasi SIMONDAL, Dinas PU Cipta Karya Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi dukung E-Government

Pemanfaatan teknologi informasi yang saat ini berkembang pesat semakin meluas seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan ketersediaan informasi yang akurat dan cepat. Kemajuan teknologi informasi saat ini ialah pemanfaatan jaringan internet yang memungkinkan setiap orang dapat mengakses atau memperoleh data-data yang tersedia secara bersama-sama melalui jaringan yang saling terhubung. Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta internet telah menjadi alat kekuatan untuk memikirkan kembali sistem pemerintahan dengan model yang baru. Teknologi Informasi dan Internet mendorong transformasi dan paradigma birokrasi tradisional (yang menekankan kepada standarisasi, rutinitas, spesialisasi, fokus internal dan kewenangan), menuju paradigma e-government (yang menekankan kepada membangun jaringan yang terkoordinasi, kerjasama eksternal dan orientasi pelayanan kepada customer/masyarakat sebagai fokusnya). Oleh karena itu TI menjadi salah satu elemen utama dalam memperbaiki sistem managerial pemerintahan.

Demi mewujudkan hal itu Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi pada Tahun 2020 membuat aplikasi bernama Simondal yang mempunyai kepanjangan Sistem Informasi Monitoring dan Pengendalian. Aplikasi ini digunakan untuk mendokumentasikan paket pekerjaan yang dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi yang dimulai dari awal penganggaran sampai dengan tahap audit. Ruang lingkup dalam kegiatan ini adalah mencakup kegiatan dalam rangka pelaksanaan pengadaan software monitoring dan pengendalian, yang meliputi Pembuatan database dan Pembuatan user interface Yang dihasilkan aplikasi ini adalah berupa laporan akhir paket pekerjaan dan tersedianya software monitoring dan pengendalian.

Dengan adanya Simondal diharapkan dapat membantu perubahan yang lebih baik Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi untuk melaksanakan monitoring dan pengendalian kegiatan yang dilakukan di lapangan dengan lebih efektif, efisien dan hasil yang maksimal serta mewujudkan tertib administrasi pelaksanaan serta pertanggungjawaban pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Banyuwangi. Secara teoretis aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan ilmu administrasi khususnya yang berhubungan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi sehingga dapat dilakukan dan diterapkan di seluruh OPD di Kabupaten Banyuwangi.