dinaspu.banyuwangikab.go.id

Jumat, 26 April 2024

Pohon Ayoman untuk Peningkatan Kualitas Udara di Wilayah Perkotaan

Keberadaan pohon memiliki peran penting untuk menciptakan kehidupan perkotaan yang sehat dan ramah lingkungan. Beragam manfaat pohon bervariasi mulai dari manfaat psikologis, estetika, perbaikan iklim dan mitigasi polusi udara. Apakah teman-teman dpuckpp bwi pernah memperhatikan pohon-pohon perindang di sepanjang pinggir jalan? Betul. Itu adalah pohon ayoman yang sengaja ditanam di sepanjang sempadan jalan Kabupaten Banyuwangi dan menjadi aset/ milik Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Manfaat pohon ayoman cukup banyak selain sebagai peneduh, penghijauan serta menambah kesan keindahan wilayah perkotaan, juga sebagai penyerap polutan/emisi karbon yang dihasilkan kendaraan bermotor sehingga menghasilkan udara bersih bebas polusi dan terciptanya wilayah perkotaan yang sehat. Jenis- jenis read more »

Pembangunan dan Pemeliharaan Jalan di desa oleh Tim Bina Marga

Pekerjaan pembangunan dan pemeliharaan jalan di desa-desa gencar dilakukan oleh Dinas PU Cipta Karya Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi untuk pemerataan sarana infrastruktur. Kali ini, Tim dari Bidang Bina Marga melaksanakan tinjau lapang kegiatan pengecoran Jembatan Pring Sejuta Kaliputih Desa Kembiritan Kec. Genteng, MC 0 peningkatan jalan BRI Kedayunan Kec. Kabat, dan MC 0 pembangunan jalan menuju Wisata Jati Papak Alas Purwo. Di wilayah barat, tim juga melaksanakan kegiatan penghamparan hotmix dalam pekerjaan pembangunan dan pemeliharaan jalan di Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah. Pembangunan saluran drainase U-ditch juga dilakukan di beberapa lokasi, salah satunya di Sukojati Blimbingsari dan Dusun Krajan Pengatigan read more »

Monev Lapang Kepala Dinas di Kecamatan Blimbingsari dan Cluring

Rabu, 23 Juni 2021. Blimbingsari - Cluring.


Tim Pelaksana Kabupaten (TPK) Bidang Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi melakukan Monitoring dan Evaluasi Lapangan Pelaksanaan Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) tahun Anggaran 2021, Rabu, 23 Juni 2021. Tim mengunjungi lokasi Program PISEW yaitu di Desa Gintangan - Kaligung Kecamatan Blimbingsari dan Desa Kaliploso - Plampangrejo Kecamatan Cluring. Program PISEW di dua kecamatan tersebut diwujudkan dalam kegiatan pavingisasi jalan.


Kepala Dinas PUCKPP Kabupaten Banyuwangi, Danang Hartanto, ST., juga turut hadir dalam kegiatan monev tersebut. Beliau juga memberikan beberapa arahan dan masukan dalam pelaksanaan lapangan seperti penggunaan material wajib menggunakan material yang mutu dan read more »

Penanaman pohon ayoman di ruas sempadan jalan Kabupaten Banyuwangi

Ruang terbuka hijau adalah area memanjang/mengelompok yang penggunaannya bersifat terbuka dan tempat tumbuh tanaman. Adapun sempadan jalan adalah salah satu dari bagian ruang terbuka hijau yang memiliki fungsi ekologi untuk menjaga kualitas lingkungan hidup di kawasan perkotaan. 


Penanaman pohon ayoman di ruas-ruas sempadan jalan di Kabupaten Banyuwangi menjadi agenda rutin Tim RTH Bidang Penataan Ruang Dinas Pekerjaan Umum, Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi, dengan tujuan menambah titik hijau di wilayah perkotaan. Beberapa ruas jalan kabupaten yang menjadi sasaran penanaman hari ini adalah Jalan MH. Thamrin, Jalan Adi Sucipto, Jalan Brawijaya, dan Jalan Yos Sudarso. Beberapa jenis bibit pohon yang read more »

Pemeliharaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan di Banyuwangi

Pemeliharaan jalan dan jembatan untuk meningkatkan kelayakan infrastruktur di beberapa daerah di Kabupaten Banyuwangi terus dilakukan oleh Tim Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Permukiman Banyuwangi, diantaranya adalah perbaikan jembatan di lokasi SMP Bustanul Makmur Kecamatan Genteng, pengerjaan paket pemeliharaan infrastruktur jalan menuju Pondok Pesantren Annarul Kodiri Desa Kembiritan Kecamatan Genteng, penambalan jalan berlubang di Desa Sukojati, Kecamatan Kabat dan jalan poros Genteng-Sempu-Setail. Selain itu, dilakukan survei jalan dan jembatan rusak atas laporan masyarakat di Desa Kaligung, Kecamatan Rogojampi. 

read more »