dinaspu.banyuwangikab.go.id

Sabtu, 27 April 2024

IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT OLEH DINAS PUCKPP KAB. BANYUWANGI MELALUI APLIKASI SIADAMWANGI (Sistem Informasi Administrasi Banyuwangi)

Kepemerintahan yang baik (good governance), telah menjadi wacana yang paling mengemuka dalam pengelolaan administrasi pemerintahan sekarang ini. Hal tersebut sejalan dengan tuntutan akan modernisasi administrasi pemerintahan guna mempercepat dan mempermudah penyelesaian dokumen dan surat dinas instansi pemerintah. Teknologi informasi dan komunikasi sebagai pendukung tugas pokok dan fungsi belum dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas termasuk menjunjang administrasi perkantoran.


Untuk dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik, maka setiap instansi pemerintah pusat dan daerah sudah seharusnya didukung oleh sistem administrasi yang memadai karena kesempurnaan dan kelengkapan sistem administrasi merupakan salah satu kebutuhan yang penting disetiap organisasi atau instansi pemerintah, dengan mengubah sistem read more »

QUICK RESPONSE KEBINAMARGAAN BENTUK GERAK CEPAT DAN TANGGAP ATAS PENGADUAN MASYARAKAT

Infrastruktur memegang peranan penting sebagai salah satu roda penggerak pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Keberadaan infrastruktur yang memadai sangat diperlukan dan menjadi bagian yang sangat penting dalam sistem pelayanan masyarakat. Berbagai fasilitas fisik merupakan hal yang vital guna mendukung berbagai kegiatan pemerintahan, perekonomian, industri dan kegiatan sosial di masyarakat dan pemerintahan. Keberadaan infrastruktur sangat penting dalam mendukung pembangunan ekonomi dan sosial karena infrastruktur yang baik dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi baik bagi dunia usaha maupun bagi sosial kemasyarakatan. Infrastruktur yang memadai menyebabkan biaya produksi, transportasi, komunikasi dan logistik semakin murah, jumlah produksi meningkat, laba usaha meningkat, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. read more »

GATAWATI – KONSERVASI SUMBER DAYA AIR DAN POTENSI DESTINASI WISATA

Meningkatnya kesadaran berbagai pihak terhadap lingkungan dan isu-isu tentang pembangunan yang berwawasan lingkungan telah memberikan kontribusi terhadap pandangan pentingnya prinsip-prinsip wisata berkelanjutan. Prinsip wisata berkelanjutan diharapkan dapat mempertahankan kualitas lingkungan, mempertahankan budaya, meningkatkan kualitas pendidikan, memberdayakan masyarakat lokal, dan memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat lokal, kawasan dan pemerintah. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan upaya pengelolaan wisata yang dapat mendukung kelestarian lingkungan melalui penerapan pola edu-ekowisata sebagai media pendidikan karakter berbasis lingkungan hidup.


Edu-ekowisata merupakan pengembangan dari ekowisata, yaitu pariwisata yang berwawasan lingkungan yang didefinisikan sebagai aktivitas berkaitan dengan alam, melihat alam dari dekat menikmati keaslian alam dan lingkungan, sehingga membuat tergugah read more »

Kunjungan Ketua DPRD beserta perwakilan komisi B dan komisi C Kabupaten Jembrana

Sekali lagi Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Banyuwangi menjadi Tempat kunjungan daerah-daerah lain untuk study banding. Kali ini Daerah yang mengunjungi Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Banyuwangi adalah Ketua DPRD beserta perwakilan komisi B dan komisi C Kabupaten Jembrana yang datang pada tanggal 30 Agustus 2016. Rombongan DPRD kabupaten Jembrana pada kunjungannya ingin mengetahui dan mempelajari tentang penyerapan anggaran kegiatan-kegiatan di Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Banyuwangi. Saat tiba di di kantor, rombongan disambut oleh Kepala Bidang Bina Marga Bapak Abdul Cholik, read more »

KEGIATAN DONOR DARAH PERSATUAN DHARMA WANITA DINAS PEKERJAAN UMUM BINA MARGA, CIPTA KARYA DAN TATA RUANG KABUPATEN BANYUWANGI

Kegiatan donor darah kembali dilaksanakan oleh PMI di Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Banyuwangi pada Jum'at 3 Juni 2016. Namun kali ini yang menggelar kegiatan donor darah adalah persatuan dharma wanita Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Banyuwangi. Kegiatan donor darah diikuti oleh semua karyawan-karyawati dan anggota dharma wanita Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Banyuwangi. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan rasa peduli sesama yang mana sewaktu waktu darah yang disumbangkan dibutuhkan oleh orang lain. Selain untuk alasan kemanusiaan, mendonorkan darah memiliki read more »