dinaspu.banyuwangikab.go.id

Sabtu, 27 April 2024

Pemasangan Gorong-Gorong di Bomo - Rogojampi Cegah Banjir dan Aspal Rusak

Hari ini Tim Laboratorium dan Perbengkelan Dinas Pekerjaan Umum, Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi melaksanakan kerja bakti pemasangan Box Culvert untuk saluran drainase di Jalan Raya Bomo, Kecamatan Rogojampi. Pemasangan Box Culvert untuk saluran drainase bertujuan menampung debit air hujan yang mengalir untuk menghindari terjadinya banjir di daerah Desa Bomo serta melancarkan aliran agar tidak masuk ke jalan dan menggerus aspal. Pembangunan gorong-gorong dengan kedalaman disesuaikan dengan kondisi di lapangan diharapkan mampu untuk menampung volume air dalam jumlah banyak, sehingga resiko terjadi genangan bahkan banjir bisa ditekan.


Kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh Tim Lab Perbengkelan sendiri, namun juga read more »

Semprot Kantor dengan Desinfektan, Cegah Corona

Merebaknya pandemi Covid-19 yang mulai memasuki beberapa wilayah di Indonesia membuat Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melakukan langkah-langkah antisipasi untuk pencegahan virus ini. Salah satunya adalah pensterilan kantor instansi-instansi di Banyuwangi tak terkecuali Dinas Pekerjaan Umum, Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi. Pensterilan kantor dengan desinfektan merupakan langkah pencegahan menyebarnya virus Corona terkait pandemi Covid-19. Fasilitas sanitasi lain seperti sabun cuci tangan di tiap wastafel dan handsanitizer juga terpasang di beberapa titik ruangan. Kelengkapan fasilitas sanitasi tersebut diharapkan seluruh karyawan maupun pengunjung kantor bisa selalu menjaga kebersihan dan kesehatannya dengan mencuci tangan agar terhindar dari kuman penyebab penyakit.


Selain itu, merujuk pada read more »

Tambal Sulam Jalan untuk Kelancaran Berlalu Lintas di Banyuwangi

Kondisi beberapa ruas jalan yang ada di Kabupaten Banyuwangi terpantau mengalami kerusakan. Meskipun tidak terlalu parah, hal ini menyebabkan lalu lintas terganggu karena banyak pengendara memelankan laju kendaraannya saat melintasi jalan yang rusak dan berlubang. Meningkatnya curah hujan akhir-akhir ini juga memicu peningkatan kerusakan dikarenakan aspal yang mengelupas akibat gerusan air hujan.


Proses kegiatan penambalan jalan-jalan yang rusak dan berlubang di beberapa titik jalan Kabupaten Banyuwangi ini dilakukan oleh Tim Satgas Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman Banyuwangi dan dibantu oleh beberapa personil dari perangkat desa setempat dan polisi. Ruas jalan yang amblas akibat gerusan air hujan juga ikut read more »

Luncurkan Aplikasi SIMONDAL, Dinas PU Cipta Karya Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi dukung E-Government

Pemanfaatan teknologi informasi yang saat ini berkembang pesat semakin meluas seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan ketersediaan informasi yang akurat dan cepat. Kemajuan teknologi informasi saat ini ialah pemanfaatan jaringan internet yang memungkinkan setiap orang dapat mengakses atau memperoleh data-data yang tersedia secara bersama-sama melalui jaringan yang saling terhubung. Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta internet telah menjadi alat kekuatan untuk memikirkan kembali sistem pemerintahan dengan model yang baru. Teknologi Informasi dan Internet mendorong transformasi dan paradigma birokrasi tradisional (yang menekankan kepada standarisasi, rutinitas, spesialisasi, fokus internal dan kewenangan), menuju paradigma e-government (yang menekankan kepada membangun jaringan yang terkoordinasi, kerjasama eksternal dan orientasi read more »

SITARU (Sistem Aplikasi Izin Pemanfaatan Ruang), produk baru Dinas PUCKPP Kabupaten Banyuwangi

Pemanfaatan teknologi informasi yang saat ini berkembang pesat semakin meluas seiring Dewasa ini dinamika pemanfaatan lahan di Kabupaten Banyuwangi berlangsung relatif cukup pesat yang memicu berbagai pertumbuhan aktivitas diberbagai sektor. Untuk mengantisipasi pengembangan wilayah yang tidak terarah maka perlu dilakukan pengendalian pemanfaatan tata ruang yang mengacu pada peraturan daerah yang ada.


Dalam rangka mengurangi pemanfaatan ruang yang tidak terkendali, Pemerintah Daerah selalu berupaya melakukan pengendalian pemanfaatan ruang. Sesuai dengan UU No. 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, pengendalian pemanfaatan ruang dilakukan melalui penetapan peraturan zonasi, perizinan, pemberian insentif dan disinsentif, serta pengenaan sanksi. Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Banyuwangi No. 8 Tahun read more »